Saya sangat mengharapkan Kritik dan Saran anda :)
Klik disini untuk melihat semua artikel di blog ini

Wednesday, September 4, 2013

Dahlan Iskan Studi Banding Mobil Listrik di AS

Wednesday, September 4, 2013


  • Penulis :
  • Didik Purwanto
  • Rabu, 4 September 2013 | 13:29 WIB
Dahlan Iskan | Kompas.com/ Slamet Priyatin

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan melakukan ` ke Seattle, Amerika Serikat, malam ini. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi mobil listrik nasional pada masa mendatang.

Studi banding dilakukan ke dealer mobil listrik Tesla di Seattle. Kota ini merupakan kota yang menjadi pusat industri pesawat Boeing dan Microsoft serta tempat lahirnya industri waralaba kopi Starbucks. Tesla adalah mobil listrik paling laris di AS dengan penjualan yang direncanakan mencapai 25.000 unit tahun ini. Salah satu produk Tesla yang dipajang di situ adalah sedan empat pintu dengan empat penumpang berwarna merah.

Dalam studi banding ini, Dahlan mengenang mobil listrik Ferrari jenis Tucuxi. Dahlan membandingkan apakah benar semua mobil listrik di AS tidak menggunakan gearbox, seperti mobil listrik yang ditabrakkan ke tebing di daerah Sarangan, Magetan, beberapa waktu lalu.

"Ternyata mobil Tesla yang saya lihat ini menggunakan gearbox," kata Dahlan dalam pesan singkatnya yang diterima Kompas.com di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Belum puas dengan gambar yang dipajang di dealer tersebut, Dahlan pun bertanya kepada teknisi Tesla yang ada di dealer tersebut. Mengutip dari teknisi tersebut, mobil listrik ini menggunakan gearbox. Tujuannya untuk pengendalian mobil saat menghadapi jalan yang curam.

"Berarti tidak salah kalau mobil listrik generasi kedua yang dibidani Pendawa Putra Petir juga menggunakan gearbox," tambahnya.

Beberapa waktu lalu, mobil listrik Tucuxi milik Dahlan Iskan yang ditaksir seharga Rp 1 miliar menabrak tebing di kawasan Telaga Sarangan, Magetan. Tabrakan ini disinyalir tidak adanya gearbox (rem) saat terjadi turunan tajam.

Mobil listrik ini dikendarai dalam rangka uji coba dari Solo ke Surabaya. Namun naas, saat berada di tebing Telaga Sarangan, mobil tersebut kehilangan kendali dan menabrak tebing. Untung Dahlan dan penumpang di sampingnya selamat.
Editor : Erlangga Djumena


Mungkin anda tertarik juga dengan artikel dibawah ini, komentar anda sangat saya harapkan :)

Aditya Astari Blog
oleh Aditya Astari - 12:34 AM
Tweet

0 comments:

Post a Comment

Silahkan komentar sesuka anda! :)